GURU PENGUBAH HIDUP

Tantagan Guru Pada Masa Kini

Baru-baru ini dalam sebuah seminar untuk guru-guru yang diselenggarakan di sekolah kami, pembicara menanyakan: “ Apakah pada zaman ini masih dibutuhkan kehadiran seorang guru?” Salah seorang dari kami menjawab bahwa kehadiran guru masih sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa agar memiliki karakter yang baik, memotivasi siswa untuk tetap memiliki semangat belajar, mendidik dan mengajarkan nilai-nilai hidup yang benar  di tengah arus zaman pada masa kini.  Karena pada kenyataannya buku-buku sudah tersedia banyak dan untuk mengetahui berbagai informasi siswa cukup melihat di google dan dengan mudah akan mendapatkan informasi apapun   yang diinginkan.

Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesatnya, guru seakan bukanlah sosok yang dianggap dapat memecahkan setiap permasalahan yang dialami oleh  siswa. Ketika nilai hidup manusia semakin bergeser kepada nilai-nilai  materialisme, konsumerisme dan hedonisme, arus informasi yang begitu cepat, budaya instan yang semakin digemari oleh manusia termasuk dalam hal prestasi belajar siswa pada masa kini tidak mau dipersulit, yang penting bisa “happy”.Banyak siswa menghabiskan waktu dengan bermain games, menonton televisi, berkumpul dengan teman-teman pergi makan, facebook-an, BBM-an, pergaulan bebas, dugem, bahkan isu terakhir dikalangan remaja di kota besar”cabe-cabean” dansebagainya. Situasi ini membuat generasi masa depan akan kehilangan pemimpin-pemimpin yang memiliki karakter yang cakap, memiliki integritas serta berkualitas baik dalam karakter maupun kompetensi.  Dalam hal inilah kehadiran guru sangat penting dalam dunia pendidikan pada saat ini.

 

Guru Yang Digerakkan Oleh Visi

Amsal 29:18a Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Dengan kata lain apabila guru tidak memiliki visi atau arah tujuan yang jelas maka semakin tidak jelaslah apa yang akan dicapai melalui pendidikan pada masa ini. Generasi yang bagaimana akan muncul dalam dekade 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun bahkan untuk 25 tahun yang akan datang. Pada zaman ini orang yang dibutuhkan bukan hanya orang yang memiliki kompetensi, tetapi juga karakter, sama halnya bahwa bukan hanya karakter yang harus dimiliki tetapi juga kompetensi. George Barna (dalam Senjaya,2004) member definisi tentang visi, yaitu sebuah gambaran masa depan yang jelas yang Allah komunikasikan kepada para pemimpin-pelayan-Nya berdasarkan pengenalan yang akurat tentang Allah, diri sendiri dan lingkungan.. Dari definisi di atas adalah sebuah perpaduan yang sangat harmonis bahwa:1. Allah: beban yang Allah berikan kepada guru. Tugas sebagai guru bukanlah hanya sekedar status atau profesi, juga bukan hanya karena tidak ada profesi yang lain atau karena waktu kerja yang banyak liburnya, tetapi  Allah mau menyatakan kepada kita tentang harapanNya  pada generasi yang dipercayakan untuk kita didik dan ajar.2 Diri kita: kompetensi dan karakter yang ada pada diri kira. Seorang guru harus memiliki kompetensi yang baik dan berkualitas sesuai dengan tuntutan pada zaman ini. Guru harus berupaya keras untuk memacu diri, berjuang untuk mengubah paradigma hidup yang salah yang telah diterima sebelumnya. Belajar untuk memiliki karakter yang baik, dengan nilai-nilai hidup yang seturut dengan kehendak Allah. Karena dunia dengan segala keindahannya  akan semakin memikat perhatian kita. Guru sebaiknya menyadari keberadaannya sebagai manusia yang diciptakan Allah sangat berharga tetapi dengan rendah hati mengajar dan mendidik siswa ke arah yang benar. Dengan integritas dan kecakapan mengajar guru dapat menjadi sosok yang dapat langsung dilihat oleh siswa. Guru dapat dipercaya bahwa dia bukanlah orang yang suka korupsi waktu, kompromi dengan siswa dalam hal-hal yang tidak benar, cakap mengajar dan tidak pasrah kepada situasi dirinya tetapi senantiasa mau berjuang menembus batas zona nyamannya.3. Lingkunagn: dengan tantangan zaman yang semakin berat. Hidup dalam masa yang sukar ini guru perlu semakin peka dan berjuang agar nialai-nilai hidup dunia ini tidak akan mempengaruhi siswa yang dididiknya. Guru harus  berlomba  dengan situasi lingungan yang kurang mendukung untuk melakukan hal yang benar. Hidup pada zaman ini adalah aneh ketika kita harus melawan arus, kita akan dituduh munafik apabila tidak setuju dengan pandangan kebanyakan orang.

Visi yang mampu mengubah

            Dengan visi maka akan lahir jiwa yang terbakar, semangat yang tidak pernah henti dan keberanian yang terus menyala yang melahirkan tindakan untuk mengubah dunia. Dengan visi, guru akan terus berjuang mengubah hidup siswa dari yang pesimis menjadi optimis, pemalas menjadi orang yang rajin dan ulet, tangguh dan kuat, dengan visi maka guru sangat memahami arti kehadirannya dalam duinia pendidikan bahkan terus berjuang melahirkan orang-orang yang mau belajar dan menjadi pemimpin pada masa yang akan datang.

Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *