ORANGTUA MENJADI TELADAN BAGI ANAK

Beberapakali dalam perbincangan orang tua dengan guru di sekolah, maupun  pembahasan dalam diskusi-diskusi di antara sesama orangtua,  mereka selalu mengeluh tentang kondsi anak remajanya. Orangtua mengakui kesulitan dalam memahami perilaku anak remajanya. Orangtua kebingungan untuk membimbing dan menjadikan anak-anaknya patuh terhadap aturan-aturan yang ada baik yang ada di sekolah maupun yang ada di rumah. Banyak orangtua pusing dan stress ketika mendapati anak remajanya cenderung berontak, sulit untuk mengembangkan sikap bertanggungjawab. Kebanyakan anak-anak remaja tidak mau menghormati orangtua akhirnya orangtua pasrah dan hanya menyerahkan tugas ini kepada pihak sekolah.

Orangtua selalu berharap agar anak-anaknya tumbuh menjadi orang yang berperilaku baik, memiliki karakter baik. Orangtua sangat berupaya memikirkan nasihat yang paling tepat yang akan diberikan kepada anak, sehingga akhirnya membuat anak  menyadari begitu pentingnya nasihat yang diberikan orangtuanya. Orangtua akan melakukan berbagai upaya untuk membuat anak bersikap lebih baik dan menghargai  oring lain. Memang banyak orangtua harus melalui masa-masa sulit dan kritis seperti ini

 

Anak Belajar Dari Sikap Orangtua

Berbicara mengenai masalah remaja seperti ini, sebenarnya  anak remaja kita belajar dari sikap kita sebagai orangtua. Bahkan di saat mereka berontak, tidak menghormati orang lain, tidak mau bertanggung jawab  dan sulit menanggung resiko, tidak mandiri, sikap seperti ini kebanyakan mereka pelajari dari  sikap orangtua. Bagaimanapun sulitnya orangtua memikirkan hal ini sebaiknya orangtua mengevaluasi dan menyadari bahwa hari-hari yang dia jalani bersama dengan anak-anaknya akan menggambarkan apakah sebenarnya orangtua cukup membuat anak merasa berharga, dihormati, dikasihi dan penuh dengan keterbukaan. Orangtua perlu memastikan jika anak  berfikir bahwa nasihat orangtua sangat menarik dan penting dalam hidupnya. Atau malah sebaliknya anak berfikir bahwa nasihat dari orangtua seperti bunyi suara radio rusak yang membuat pusing kepala dan menuntut untuk segera dihentikan.

Seorang penulis buku yaitu Dorothy mengatakan bahwa remaja belajar dari apa yang mereka alami dalam kehidupn ini.Dengan kata lain sosok orangtua harus mampu menjadi teladan bagi anak. Sikap dan tingkah laku orangtua adalah jauh lebih penting dari pada ribuan kata-kata yang diberikan orangtua kepada anak remajanya.

Salah satu tugas yang amat penting bagi orangtua adalah dalam hal mendididk anak. Orangtua menginginkan jika anak-anak dapat bertumbuh dan berkembang baik mencapai kematangan fisik, psikis, rohani ataupun spiritual sehingga anak remajanya akan mampu mengaktualisasikan diri dengan semaksimal mungkin. Kita berharap bahwa sebagai individu yang unik anak kita mampu mengekspresikan diri dan menjadi anak-anak yang gemilang, mampu meraih prestasi dan kesuksesan dalam hidupnya, dan ini juga semakin meningkatkan kebanggaaan kita sebagai orangtua dan membuktikan kepada orang lain bahwa kita adalah orangtua yang berhasil dalam mendidik anak-anak kita.

Bagaimana Menjadi Teladan Bagi Anak

Sepanjang kehidupan yang kita jalani bersama-sama dengan anak-anak kita, sepanjang waktu itulah anak-anak kita akan melihat dan menyaksikan tingkah laku kita ketika berhadapan dengan orang lain, cara kita memperlakukan pembantu di rumah, sikap ketika kita mengendarai mobil pribadi kita menghadapi macetnya lalu lintas, interaksi kita dengan para tetangga, ketika berbelanja di supermarket, bahkan sikap kita terhadap pekerjaan kita, penggunaan waktu bahkan hubungan dengan pasangan apakah dengan suami atau istri kita.

Untuk menjadikan anak memiliki rasa hormat, kita sebaiknya terlebih dahulu menghargai keputusan-keputusan yang dibuat oleh anak kita, ada ketertarikan dengan kegiatan- kegiatan yang dilakukannya, menghargai setiap  prestasi yang sudah dicapainya bahkan dalam beberapa hal libatkan anak dalam membuat keputusankeputusan yang ada ditengah-tengah keluarga.

Kita perlu mengingat bahwa dampak yang sangat berpengaruh dari apa yang kita berikan kepada anak-anak kita adalah teladan  yang kita perlihatkan langsung setiap hari. Mungkin kita berfikir bahwa ketika di kantor maka anak-anak kita tidak akan melihat apa yang kita perbuat, bagaimana kita menghadapi dan melakukan pekerjaan kita. Bahkan orangtua mengatakan bahwa mereka tidak bertemu dengan anak-anak sampai larut malam. Justru dengan apa yang kita lakukan sehari-hari cukup membuat anak akan mengerti orangtua sepeerti apa yang mereka miliki. Meskipun anak- anak kita tidak pernah mengucapkannya tapi model yang paling dekat dengan mereka adalah orangtuanya sendiri.

Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *