Kalam Kudus Indonesia https://kalamkudusindonesia.org Sinode Gereja Kristen Kalam Kudus & Yayasan Kalam Kudus Indonesia Thu, 17 Sep 2020 09:14:39 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 https://kalamkudusindonesia.org/wp-content/uploads/2015/10/cropped-logo-kk-32x32.png Kalam Kudus Indonesia https://kalamkudusindonesia.org 32 32 147323130 Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang https://kalamkudusindonesia.org/pelantikan-bpc-ykki-ambon-bali-selatpanjang/ https://kalamkudusindonesia.org/pelantikan-bpc-ykki-ambon-bali-selatpanjang/#respond Thu, 17 Sep 2020 08:59:09 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1628 Sabtu, 12 September 2020 Pk.12.45 WIB,  telah dilaksanakan Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang periode 2020-2022. Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang ini diadakan secara daring melalui platform Google Meet dan juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Kalam

The post Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
[See image gallery at kalamkudusindonesia.org] Sabtu, 12 September 2020 Pk.12.45 WIB,  telah dilaksanakan Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang periode 2020-2022.

Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang ini diadakan secara daring melalui platform Google Meet dan juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Kalam Kudus Indonesia.

https://www.youtube.com/watch?v=gOeC65I03UE[/embedyt]

 

Pada Pelantikan BPC YKKI Ambon Bali & Selatpanjang, Pdt. Chandra Udayana didapuk untuk menyampaikan kebenaran firman Tuhan serta melakukan pelantikan dan peneguhan. Firman Tuhan yang disampaikan, diberi judul “Memberi Warna atau Diwarnai” yang terambil dari Matius 5:13-16.

Melalui pemaparan kebenaran firman Tuhan ini, para BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang yang akan dilantik diharapkan dapat kembali mengingat identitas dan fungsi mereka sebagai garam dan terang dunia. Sebagai garam dan terang, tentunya keberadaan para BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang diharapkan dapat sungguh-sunguh memberi rasa dan warna di tempat di mana Tuhan memercayakan pelayanan kepada mereka. Sehingga Injil & Kerajaan Allah dapat dihadirkan di tengah-tengah Sekolah Kristen Kalam Kudus.

Acara pelantikan ini diakhiri dengan ramah tamah dan perkenalan dari masing-masing BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang.

Selamat melayani BPC YKKI Ambon, Bali, & Selatpanjang. Kiranya belas kasih, kemurahan, dan penyertaan Allah terus menopang dan menolong para BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang periode 2020-2022 untuk dapat mengemban tugas pelayanan ini. Biarlah para BPC YKKI boleh sungguh menjadi berkat dan nama Tuhan dipermuliakan melalui pelayanan mereka di tempat yang telah Tuhan percayakan.

Biarlah firman Tuhan yang terambil 1 Timotius 1:12 ini menjadi sebuah pengingat dan ucapan syukur atas kepercayaan yang telah Allah berikan sehingga kita layak melayani DIA melalui Sekolah kristen Kalam Kudus.

“Aku bersyukur kepada Dia yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku

setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku”

1 Timotius 1:12

Soli Deo Gloria!

The post Pelantikan BPC YKKI Ambon, Bali & Selatpanjang appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/pelantikan-bpc-ykki-ambon-bali-selatpanjang/feed/ 0 1628
PENGUMUMAN PEMENANG INSTAGRAM KONTES https://kalamkudusindonesia.org/pengumuman-pemenang-instagram-kontes/ https://kalamkudusindonesia.org/pengumuman-pemenang-instagram-kontes/#respond Fri, 28 Aug 2020 14:09:55 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1608 Semarak 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia⁣ Instagram Kontes diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Acara ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 2020 & berakhir pada 24 Agustus 2020. Berikut ini, pengumuman pemenang instagram kontes.   Pengumuman pemenang

The post PENGUMUMAN PEMENANG INSTAGRAM KONTES appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
Semarak 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia⁣ Instagram Kontes diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Acara ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 2020 & berakhir pada 24 Agustus 2020. Berikut ini, pengumuman pemenang instagram kontes.

 

Pengumuman pemenang instagram kontes ini terbagi ke dalam 3 kategori, yaitu:

  1. Kategori Paling Kreatif
  2. Kategori Likes Terbanyak 
  3. Kategori Pemenang Hadiah Hiburan

 

1.KATEGORI PALING KREATIF

Pada kategori ini, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa saldo GoPay senilai : Rp750.000,00 untuk juara ke-1, Rp500.000,00 untuk juara ke-2 & Rp250.000,00 untuk juara ke-3.

    • Juara I   : @nicole_avril_b
    • Juara II  : @faannytan
    • Juara III : @fransmiku⁣

2. KATEGORI LIKES TERBANYAK

Pada kategori likes terbanyak, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa saldo GoPay senilai Rp100.000,00

    • @emanuelachristie⁣
    • @zhalomo_bernard_kelelufna⁣
    • @kennethdavidnico10⁣
    • @joy_michelle08⁣
    • @_gwen_n_t⁣
    • @shane_drummer⁣
    • @dicky_lzc⁣
    • @meiliana.edi_susanto⁣
    • @abimanyu.daniel⁣
    • @evilaura2⁣

3. KATEGORI PEMENANG HADIAH HIBURAN

Pemenang hadiah hiburan, pemenang akan mendapatkan merchandise dari sponsor.

  • @ribkagun
  • @val3n.phoenix
  • @armansimamora
  • @swentysealtial
  • @olivia.christy.joseph
  • @itschavelyn
  • @juniantimanik
  • @gisellegracianna
  • @sartika8004
  • @desy_prima

[See image gallery at kalamkudusindonesia.org] Selamat kepada seluruh pemenang. Silakan mengirimkan DM (Direct Message) ke akun instagram @kalamkudusindonesia https://www.instagram.com/kalamkudusindonesia/  untuk informasi lebih lanjut.

*Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

The post PENGUMUMAN PEMENANG INSTAGRAM KONTES appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/pengumuman-pemenang-instagram-kontes/feed/ 0 1608
PENGENALAN RPP iB LEARNING -YKKI https://kalamkudusindonesia.org/pelatihan-online-pengenalan-rpp-ib-learning-ykki/ https://kalamkudusindonesia.org/pelatihan-online-pengenalan-rpp-ib-learning-ykki/#respond Tue, 18 Aug 2020 13:23:24 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1480 Salah satu ciri khas dan keunggulan dari Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia adalah, mengintegrasikan iman Kristen ke dalam setiap materi pembelajaran. Oleh karena itu, Yayasan Kalam Kudus Indonesia mengadakan Pelatihan Online bagi para guru dan pimpinan SKKK Indonesia dengan tema

The post PENGENALAN RPP iB LEARNING -YKKI appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
Salah satu ciri khas dan keunggulan dari Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia adalah, mengintegrasikan iman Kristen ke dalam setiap materi pembelajaran.

Oleh karena itu, Yayasan Kalam Kudus Indonesia mengadakan Pelatihan Online bagi para guru dan pimpinan SKKK Indonesia dengan tema ”Pengenalan RPP iB- Learning, YKKI” yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu hari Rabu – Jumat, 12 – 14 Agustus 2020.


Tujuan yang melatarbelakangi YKKI melaksanakan pelatihan online ini adalah:

  1. Memperlengkapi para guru dan pimpinan Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia dalam memahami proses pengintegrasian iman Kristen ke dalam pembelajaran melalui metanarasi CFRC (Creation – Fall – Redemption – Consummation), dan pengintegrasian karakter Kristen melalui Nilai-Nilai Inti (Core values)
  2. Melengkapi guru dan pimpinan Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia untuk memahami bentuk dari integrated dan blended learning yang digunakan sebagai model pembelajaran dengan pendekatan 7C.

Kedua hal di atas merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan visi dan misi Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia di Bidang Pengembangan Pendidikan & Bidang Pengembangan Kerohanian.

 

Pelatihan online ini, terdiri atas 3 sesi, yaitu

  • Pertama, ”Designing iB-Learning Lesson Plan with 7C Learning Approach” dengan narasumber, Ibu Vebe Karuna, S.Pd., M.M.
  • Kedua, ”Christian Worldview Learning Approach” dengan narasumber, Ibu Oki Hermawati, S.Th., M.Pd.K.
  • Ketiga, SESI TANYA JAWAB. Para peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber.

 

Pelatihan online diadakan per jenjang dengan pembagian :

  • Jenjang KB & TK diadakan pada Rabu, 12 Agustus 2020. Diikuti oleh para guru KB & TK dan pimpinan SKKK se-Indonesia.
  • SD diadakan pada Kamis, 13 Agustus 2020 dan diikuti oleh  para guru SD dan pimpinan dan pimpinan SKKK se-Indonesia.
  • SMP & SMA diadakan pada Jumat, 14 Agustus 2020 dan diikuti para guru SMP & SMA dan pimpinan dan pimpinan SKKK se-Indonesia.

 

 

[See image gallery at kalamkudusindonesia.org]  

 

Rekaman Pelatihan Online ”Pengenalan RPP iB – Learning, YKKI” dapat diakses melalui YouTube Channel Kalam Kudus Indonesia, berikut ini:

 

The post PENGENALAN RPP iB LEARNING -YKKI appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/pelatihan-online-pengenalan-rpp-ib-learning-ykki/feed/ 0 1480
Majalah KK Edisi ke-2 Tahun 2020 https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-ke-2/ https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-ke-2/#respond Tue, 18 Aug 2020 07:33:31 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1464   Majalah KK edisi ke-2 tahun 2020 atau yang biasa kita sebut KK-Magz, telah terbit. Apa saja hal menarik yang dibahas dan dapat kita temukan melalui KK-magz edisi ke-2 ini? Berikut ini ulasannya: Pada edisi kali ini, kita akan diajak

The post Majalah KK Edisi ke-2 Tahun 2020 appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>

 

Majalah KK edisi ke-2 tahun 2020 atau yang biasa kita sebut KK-Magz, telah terbit. Apa saja hal menarik yang dibahas dan dapat kita temukan melalui KK-magz edisi ke-2 ini? Berikut ini ulasannya:

Pada edisi kali ini, kita akan diajak untuk melihat kilas balik beberapa berita dan peristiwa yang terjadi di lingkungan Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia. Diantaranya, kita akan diajak untuk melihat :

    1. Kemeriahan HUT ke-66, SKKK Malang yang mengusung tema Waking Up.
    2. Kegiatan bercocok tanam yang dilakukan oleh SKKK Pangkal Pinang dalam rangka meningkatkan “Life Skill” siswa-siswi.
    3. VBS (Vacation Bible School) di SKKK Surakarta.
    4. Dan berbagai kegiatan lainnya di beberapa unit Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia.

Pada rubrik Profil Alumni kali ini, kita akan berkenalan dengan Rudy Automo, salah seorang alumni dari SKKK Pematangsiantar yang kini menjabat sebagai Vice President Citibank, Indonesia. Bagaimana kesan dari Rudy Automo sebagai salah seorang alumni SKKK? Bagaimana peran SKKK yang dirasakan oleh Rudy Automo selama menjalani pendidikan di SKKK Pematangsiantar? Dan bagaimana kisah perjalanan Rudy Automo dalam meniti karir hingga saat ini? Ikuti lebih lanjut kisahnya pada rubrik Profil Alumni.

Dalam rubrik Anjangsana, kita akan bersama-sama diajak untuk mengunjungi SKKK yang berada di wilayah paling ujung timur Republik Indonesia, yaitu SKKK Merauke. Bagaimana suasana dan keadaan di SKKK Merauke? Mari, kita simak pada rubrik Anjangsana.

Selain itu, pada rubrik Karya Cipta, kita akan melihat berbagai hasil karya cipta siswa-siswi SKKK Indonesia di berbagai tempat. Kita akan melihat, berbagai talenta yang dimiliki oleh siswa-siswi SKKK Indonesia, diantaranya pantun, puisi, lukisan, dan bahkan komik.

Dengan melihat karya cipta siswa-siswi SKKK Indonesia, kita akan semakin melihat keagungan dan kemurahan Tuhan yang telah memberi begitu banyak talenta kepada siswa-siswi SKKK Indonesia.

Untuk informasi dan berita selengkapnya, mari kita baca Majalah KK edisi ke-2 tahun 2020. Selain itu, kita juga bisa  link berikut ini melalui media sosial maupun secara pribadi kepada rekan-rekan dan kerabat.

https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-ke-2/

The post Majalah KK Edisi ke-2 Tahun 2020 appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-ke-2/feed/ 0 1464
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS INDONESIA SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES https://kalamkudusindonesia.org/sekolah-kalam-kudus-indonesia-semarak-75-tahun-republik-indonesia-instagram-kontes/ https://kalamkudusindonesia.org/sekolah-kalam-kudus-indonesia-semarak-75-tahun-republik-indonesia-instagram-kontes/#respond Fri, 07 Aug 2020 08:43:27 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1413 SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-75 tahun, Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia menyelenggarakan Instagram Kontes:   Kontes ini dapat diikuti oleh seluruh keluarga besar Sekolah Kristen kalam Kudus Indonesia, diantaranya :

The post SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS INDONESIA SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-75 tahun, Sekolah Kristen Kalam Kudus Indonesia menyelenggarakan Instagram Kontes:

 

Kontes ini dapat diikuti oleh seluruh keluarga besar Sekolah Kristen kalam Kudus Indonesia, diantaranya : Siswa, orangtua siswa, guru, staf & karyawan, BP & Rohaniwan.

Seluruh peserta diwajibkan untuk mengikuti SYARAT & KETENTUAN sebagai berikut:

  • Setiap Peserta wajib mem-follow akun instagram @kalamkudusindonesia.
  • Para Peserta mengunggah FOTO, FOTO beranimasi atau VIDEO dengan menggunakan template yang telah disediakan oleh panitia ke dalam FEED akun instagram masing-masing. Template dapat diunduh dari tautan / link :  CANVA Template
  • Menuliskan caption yang menarik berkaitan dengan HUT RI ke-75 tahun & Sekolah Kristen Kalam Kudus dan me-mention @kalamkudusindonesia.
  • Men-tag 3 orang teman untuk turut berpartisipasi pada kontes instagram ini.
  • Peserta wajib menuliskan TAGAR / HASHTAG sbb:        

#HUTRI75byKalamKudusIndonesia

#HUTRIbyKalamKudus(nama kota/unit)

    • Contoh : #HUTRI75byKalamKudusTimika
  • Peserta secara SERENTAK mengunggah FOTO, FOTO BERANIMASI, atau VIDEO mulai hari Senin, 17 Agustus 2020 Pk. 10.00 WIB, Pk. 11.00 WITA dan Pk.12.00 WIT.
  • Kontes berakhir pada hari Senin, 24 Agustus 2020.
  • Pengumuman pemenang dapat dilihat di Instagram @kalamkudusindonesia pada hari Jumat, 28 Agustus 2020.
  • Keputusan dewan juri bersifat MUTLAK & TIDAK DAPAT DIGANGGU GUGAT.

Mari, ikuti & meriahkan “SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS INDONESIA SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES” dan menangkan hadiah-hadiah menarik yang disiapkan oleh Panitia!

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75

INDONESIA MAJU

SKKK INDONESIA : DENGAN KASIH & DISIPLIN MENINGKATKAN PRESTASI

#HUTRI75byKalamKudusIndonesia

 

 

The post SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS INDONESIA SEMARAK 75 TAHUN REPUBLIK INDONESIA INSTAGRAM KONTES appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/sekolah-kalam-kudus-indonesia-semarak-75-tahun-republik-indonesia-instagram-kontes/feed/ 0 1413
Majalah KK edisi Pertama https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-pertama/ https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-pertama/#respond Tue, 28 Apr 2020 04:04:41 +0000 https://kalamkudusindonesia.org/?p=1360 The post Majalah KK edisi Pertama appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>

The post Majalah KK edisi Pertama appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/majalah-kk-edisi-pertama/feed/ 0 1360
Sidang Tahunan dan Rapat Kerja Nasional 2016 https://kalamkudusindonesia.org/rakernas-2016/ https://kalamkudusindonesia.org/rakernas-2016/#respond Sat, 21 May 2016 06:46:04 +0000 http://kalamkudusindonesia.org/?p=1036 Foto-foto slideshow untuk Sidang Tahunan dan Rapat kerja nasional YKKI 2016 di Prapat danau Toba

The post Sidang Tahunan dan Rapat Kerja Nasional 2016 appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
Foto-foto slideshow untuk Sidang Tahunan dan Rapat kerja nasional YKKI 2016 di Prapat danau Toba

[See image gallery at kalamkudusindonesia.org]

The post Sidang Tahunan dan Rapat Kerja Nasional 2016 appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/rakernas-2016/feed/ 0 1036
SKKK BONE BELAJAR MENCETAK JURNALIS MUDA https://kalamkudusindonesia.org/skkk-bone-mencetak-jurnalis/ https://kalamkudusindonesia.org/skkk-bone-mencetak-jurnalis/#respond Fri, 13 May 2016 08:58:01 +0000 http://kalamkudusindonesia.org/?p=1012 Dalam 3 jam pelatihan ternyata murid-murid SMP KK Bone mampu menghasilkan 8 halaman newsletter. Meski masih ada sedikit kesalahan tulisan atau ejaan, ini sudah merupakan prestasi istimewa. Ini adalah sebuah potensi besar bahwa murid-murid yang berdiam di kota pesisir di

The post SKKK BONE BELAJAR MENCETAK JURNALIS MUDA appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
Dalam 3 jam pelatihan ternyata murid-murid SMP KK Bone mampu menghasilkan 8 halaman newsletter. Meski masih ada sedikit kesalahan tulisan atau ejaan, ini sudah merupakan prestasi istimewa. Ini adalah sebuah potensi besar bahwa murid-murid yang berdiam di kota pesisir di Sulsel ini memang memiliki kecakapan untuk berkembang pesat dalam banyak hal. Murid yang dari ‘sononya’ punya potensi besari ini dipengaruhi juga oleh para gurunya yang kreatif.  Jika guru-gurunya kreatif maka akan semakin banyak jalan untuk mengembakan potensi anak-anak ini semakin tajam sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Apakah potensi itu ‘mandeg’ di jalan atau bisa terus berlanjut karena pembinaan dari gurunya? Perlu guru yang ‘telaten’ untuk mendampingi pengembangan kreativitas murid-murid istimewa ini. Berlatih terus SKKK Bone!

BONE NEWSLETTER 001 BONE NEWSLETTER 002 BONE NEWSLETTER 003 BONE NEWSLETTER 004 BONE NEWSLETTER 005 BONE NEWSLETTER 006 BONE NEWSLETTER 007 BONE NEWSLETTER 008

The post SKKK BONE BELAJAR MENCETAK JURNALIS MUDA appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/skkk-bone-mencetak-jurnalis/feed/ 0 1012
MENDORONG KREATIVITAS GURU DAN MURID https://kalamkudusindonesia.org/989-2/ https://kalamkudusindonesia.org/989-2/#respond Fri, 13 May 2016 05:02:22 +0000 http://kalamkudusindonesia.org/?p=989 Guru dan murid perlu memahami bahwa pada umumnya ada banyak jalan menuju suatu pengertian. Mereka perlu didorong untuk mencari dan bereksperimen dengan ide-ide baru. Bukan hanya murid, tapi guru juga harus belajar untuk bertanya dan menginvestigasi ketika ada hal-hal yang

The post MENDORONG KREATIVITAS GURU DAN MURID appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
Guru dan murid perlu memahami bahwa pada umumnya ada banyak jalan menuju suatu pengertian. Mereka perlu didorong untuk mencari dan bereksperimen dengan ide-ide baru. Bukan hanya murid, tapi guru juga harus belajar untuk bertanya dan menginvestigasi ketika ada hal-hal yang tidak mereka mengerti. Mereka perlu belajar melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar lebih lagi, bukan sekadar melihat kesalahan sebagai kegagalan. Guru dan murid juga harus mengikuti minat mereka dan berpikir “di luar kotak” kapanpun memungkinkan. Juga akan sangat menolong jika mereka mau terbuka terhadap ide orang lain supaya mereka dapat belajar bagaimana membangun dan merekonstruksi pengetahuan konseptual mereka sendiri. Sudah bukan rahasi lagi jika sekarang banyak kita temui tipe seorang guru yang enggan belajar, ia stagnan, mandeg di tempat, sama kondisinya antara tahun ini dan lima tahun sebelumnya. Apalagi bagi guru-guru yang masih merasa kesulitan finansial. Baginya istilah ’belajar’ hanya cocok untuk muridnya dan bukan untuk dirinya!

Guru yang ingin mendorong kreativitas di kelas harus memastikan bahwa ia memberikan banyak tugas dan proyek pilihan yang berbeda pada murid-muridnya. Dalam risetnya, Denise de Sonza Fleith menemukan bahwa guru mendorong kreativitas dengan, “Jangan  memberikan terlalu banyak tugas dan peraturan bagi murid, namun berikan pilihan kepada murid, berikan kesempatan pada murid untuk menyadari kreativitas mereka, dan terimalah murid apa adanya”. Semua murid dapat menjadi kreatif dengan cara tertentu, dan adalah tugas sulit bagi para guru untuk memberikan kesempatan bagi semua murid untuk mengembangkan pikiran kreatif mereka masing-masing. Untuk mengajar murid kreatif memang harus dimulai dengan mengajari dirinya sendiri kreatif, itulah tugas permulaan seorang guru.

Guru dapat melakukan beberapa hal untuk memastikan murid memiliki kesempatan menunjukkan kreativitas mereka. Salah satu contoh adalah ketika murid diberi tugas riset, guru dapat mendorong murid untuk menulis makalah, melakukan presentasi, melakukan eksperimen, atau menggunakan teknologi untuk menghadirkan informasi. Semua ini akan memberikan kesempatan bagi semua murid untuk menyelesaikan tugas dalam gaya kreatif mereka sendiri. Guru bukan hanya dapat memberikan pilihan tugas, tetapi guru juga dapat menanyakan pada murid apa yang ingin mereka lakukan untuk menyelesaikan suatu tugas. Memberikan pilihan semacam ini kepada murid akan memperkuat mereka dan semoga memotivasi mereka untuk melakukan yang terbaik.

Salah satu ungkapan Fleith yang terkenal adalah  “Dalam suasana di mana ada rasa takut, hanya ada satu jawaban benar, penolakan terhadap macam-macam hasil karya murid, tingkat kompetisi yang tinggi, dan banyak hadiah ekstrinsik yang mendominasi, hal-hal tersebut akan berpengaruh tingkat kreativitas dan kreativitas yang tinggi sulit sekali diperoleh”. Penghargaan sejati yang harus diterima murid atas kreativitasnya haruslah bersifat intrinsik. Untuk menghindari kelas yang kompetitif dan memberi penghargaan secara ekstrinsik, guru perlu menyediakan lingkungan yang ramah dan nyaman di mana murid dapat merasa cukup nyaman untuk menyuarakan pendapat mereka dan mengeksplorasi ide-ide baru.

Salah satu cara untuk membuat murid cukup nyaman untuk melakukan hal-hal tersebut adalah seorang guru yang menjadi teladan kreativitas dan menunjukkan minat. Beth Hennessey menyarankan kepada para guru, “Tunjukkan pada murid-murid bahwa Anda menghargai kreativitas, bahwa bukan hanya Anda mengijinkan kreativitas, Anda bahkan terlibat secara aktif dalam kreativitas”.

Ada banyak pendekatan dalam studi kreativitas. Hubungan antara kreativitas dan kecerdasan selalu menjadi perhatian utama psikologi (dalam penelitian Guilford, 1950). Banyak usaha telah dijalankan demi cara pengukuran potensi kreatif (misalnya tulisan-tulisan Guilford, 1989; Torrance, 1979). Juga ada banyak usaha untuk meningkatkan perilaku kreatif (misalnya Osborn, 1953; Parnes, 1967). Taylor & Williams (1966) menghasilkan survey tentang hubungan antara kreativitas dan pengajaran. Meskipun ada banyak pandangan mengenai natur kreativitas (menurut Sternberg, 1988; Finke, Ward & Smith, 1992), ada semacam persetujuan bahwa proses kreatif melibatkan aplikasi pengalaman atau ide masa lampau dengan cara-cara yang baru. Model CPS (Creative Problem Solving – Pemecahan Masalah Kreatif), yang didasarkan oleh karya Osborn dan Parnes, mengatakan bahwa proses kreatif melibatkan lima langkah utama: (1) penemuan fakta, (2) penemuan masalah, (3) penemuan ide, (4) penemuan solusi, dan (5) penemuan penerimaan (VanGundy, 1987). Keahlian-keahlian kognitif tertentu tampaknya melatarbelakangi perilaku kreatif seperti: kelancaran berbicara, fleksibilitas, visualisasi, imajinasi, ekspresi, dan keterbukaan. Keahlian-keahlian ini mungkin adalah karakter kepribadian, tetapi dapat dipelajari, atau bisa muncul karena situasi. Ada juga pengakuan umum bahwa proses sosial memegang peranan besar dalam kreativitas (Amabile, 1983).

Langley et al. (1987) mengatakan bahwa kreativitas dalam konteks penemuan ilmiah adalah bentuk pemecahan masalah. Secara spesifik, mereka yakin bahwa menemukan masalah dan memformulasikan masalah melibatkan proses kognitif yang sama.

Hasil karya lain yang berhubungan erat dengan kreativitas adalah: keaslian berpikir produktif, dan berpikir lateral. Kreativitas memegang peranan utama dalam kelas seorang murid kelas 1 SD maupun kelas training manajemen untuk para guru yang juga serang manajer dan bahkan seorang director di kelasnya! Selamat berkreasi!
(Dikembangkan dari On Purpose Associates untuk Redaksi Majalah SMP Kr. Kalam Kudus Kosambi, ditulis dengan perubahan  untuk memotivasi penerbitan  Majalah Sekolah oleh Adhi Kristiijono)

 

 

cover depan 24 25 26 27 28 29 30 31 32 cover belakang dalam  cover depan dalam

The post MENDORONG KREATIVITAS GURU DAN MURID appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/989-2/feed/ 0 989
PENERAPAN TQM SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN https://kalamkudusindonesia.org/penerapan-tqm-sebagai-salah-satu-alternatif-untuk-peningkatan-kualitas-layanan-pendidikan/ https://kalamkudusindonesia.org/penerapan-tqm-sebagai-salah-satu-alternatif-untuk-peningkatan-kualitas-layanan-pendidikan/#respond Fri, 13 May 2016 04:39:59 +0000 http://kalamkudusindonesia.org/?p=924   Penerapan Total Quality Management (TQM)  sebagai Salah Satu Alternatif untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Oleh: Pdt. Heri Kristiawan Di era globalisasi ini, cara pandang masyarakat terhadap institusi atau lembaga pendidikan telah mengalami perubahan. Lembaga pendidikan tidak lagi dipandang sebagai

The post PENERAPAN TQM SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
 

Penerapan Total Quality Management (TQM)  sebagai Salah Satu Alternatif

untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan

Oleh:

Pdt. Heri Kristiawan

'Then it's agreed. Our mission statement will be to deliver more and better education.'
‘Then it’s agreed. Our mission statement will be to deliver more and better education.’

Di era globalisasi ini, cara pandang masyarakat terhadap institusi atau lembaga pendidikan telah mengalami perubahan. Lembaga pendidikan tidak lagi dipandang sebagai lembaga sosial, tetapi sebagai institusi jasa. Cara pandang ini menempatkan lembaga pendidikan sebagai industri jasa atau penyedia layanan pendidikan, dan masyarakat yang menerima atau menggunakan layanan tersebut diposisikan sebagai pelanggannya. Dengan demikian, lembaga pendidikan tidak lagi dapat memberikan layanan seadanya berdasarkan kerelaan atau kemampuan yang dimiliki, melainkan harus berupaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat yang menjadi pelanggannya.

Tuntutan dan harapan atas layanan pendidikan yang berkualitas akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat penggunanya. Perkembangan tuntutan dan harapan masyarakat atas layanan pendidikan yang berkualitas tidak dapat dihindari oleh lembaga-lembaga pendidikan. Hal ini menyebabkan lembaga-lembaga pendidikan mau tidak mau harus masuk ke dalam dunia persaingan. Karena itu, agar dapat tetap eksis dan berkembang, lembaga pendidikan harus memiliki daya saing yang ditunjukkan melalui peningkatan kualitas layanannya.

Deming (dalam Ihalauw, 1998) mengemukakan bahwa 94% dari masalah-masalah kualitas disebabkan oleh manajemen. Karena itu, untuk memiliki daya saing dalam memberikan layanan yang berkualitas, lembaga pendidikan perlu melakukan pembenahan dalam manajemennya. Menurut Wulanningrum et al. (2006), pembenahan manajemen dalam lembaga pendidikan harus dilakukan secara total, berkesinambungan, dan berorientasi pada kualitas. Hal ini harus dilakukan karena manajemen memiliki peranan yang sangat menentukan atau menjadi kunci sukses bagi lembaga-lembaga pendidikan di masa depan untuk menghasilkan layanan yang berkualitas. Salah satu konsep manajemen yang dapat digunakan untuk melakukan pembenahan manajemen lembaga pendidikan adalah Total Quality Management (TQM).

TQM adalah salah satu filosofi yang dapat menghasilkan perubahan yang revolusioner dan peningkatan kualitas secara terus-menerus dalam organisasi atau lembaga (Kathiravan et al., 2006).  Ada yang mengatakan bahwa TQM adalah alat untuk mencapai keunggulan kualitas dan untuk memelihara keunggulan tersebut secara berkesinambungan (Sakthivel, 2007). Sementara itu Farooq et al. (2007) menegaskan bahwa TQM memiliki pengaruh yang kuat terhadap nilai-nilai, budaya dan pola pikir (mindset) di dalam suatu lembaga dan memungkinkan lembaga tersebut dapat mencapai keunggulan kualitas untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan daya saingnya di tengah-tengah persaingan yang terjadi.

Banyak lembaga atau organisasi telah menggunakan konsep TQM sebagai cara untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.  Penggunaan atau penerapan TQM telah tersebar luas di berbagai macam lembaga, baik lembaga kecil maupun besar, lembaga privat maupun publik, dan baik lembaga industri barang maupun jasa, termasuk di dalamnya lembaga pendidikan. Semua organisasi dapat memperoleh manfaat dari penerapan TQM untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas, serta dapat menjadi lebih kompetitif.

Dalam dunia industri, penerapan TQM sudah lama dilakukan dan berhasil dengan baik. Pascaperang dunia kedua, para pemimpin industri di Jepang mengimplementasikan prinsip-prinsip TQM yang sekarang menjadi modus operandi perusahaan-perusahaan terkenal di seluruh dunia (Algonzzine et al., 2005). Seperti dikemukakan Wulanningrum et al. (2006) bahwa penerapan TQM di Jepang telah berhasil membawa dampak yang efektif terhadap peningkatan kualitas produk.

TQM pada mulanya memang dikembangkan dan ditujukan untuk sektor industri. Meskipun demikian, prinsip-prinsip TQM juga dapat diterapkan pada sektor jasa atau layanan (Crawford dan Shutler, 1999), dan bahkan ada dorongan yang kuat untuk mengadopsi TQM guna meningkatkan kualitas layanan di lembaga-lembaga pendidikan (Venkatraman, 2007). Di lembaga-lembaga pendidikan tinggi, sudah banyak yang menerapkan TQM untuk meningkatkan kualitas layanannya.

Penerapan TQM sudah tersebar luas di berbagai lembaga pendidikan tinggi di berbagai tempat dan menunjukkan keberhasilannya dalam peningkatan kualitas layanannya  (Aly dan Akpovi, 2001). Yang dimaksud dengan keberhasilan tersebut adalah tercapainya sejumlah tujuan-tujuan yang ditetapkan, yang sepenuhnya akibat dari penerapan TQM secara konsisten (Michael et al., 1997). Karena itu, Sharma (2002) menegaskan bahwa TQM adalah alat yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan, yang harus dipahami dengan jelas dan sesegera mungkin diimplementasikan.

Meskipun penerapan TQM sudah tersebar luas di lembaga-lembaga pendidikan tinggi di berbagai tempat, tidak demikian halnya di lembaga-lembaga pendidikan dasar dan menengah. Padahal seharusnya TQM juga dapat diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan dasar dan menengah untuk meningkatkan kualitas layanannya secara terus-menerus. Penerapan TQM di lembaga-lembaga pendidikan dasar dan menengah perlu diupayakan, khususnya bagi lembaga-lembaga pendidikan dasar dan menengah yang sedang mengalami penurunan jumlah siswa yang mendaftar. (Bersambung)

skkk solo

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Algonzzine, B., Audette, R.H., Marr, M.B., dan Algonzzine, K. 2005. An Application of Total Quality Principles in Transforming the Culture of Classrooms. Planning and Changing, 36(3&4): 176–192.

Aly, N. dan Akpovi, J. 2001. Total Quality Management in California Public Higher Education. Quality Assurance in Education, 9(3): 127–131.

Crawford, L.E.D. dan Shutler, P. 1999. Total Quality Management in Education: Problems And Issues For The Classroom Teacher. International Journal of Educational Management, 13(2): 67–73.

Farooq, M.S., Akhtar, M.S., Ullah, S.Z., dan Memon, R.A. 2007. Application of Total Quality Management in Education. Journal of Quality and Technology Management, 3(11): 87–97.

Ihalauw, John, J.O.I. 1998. Total Quality Management pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Salatiga: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana.

Kathiravan, N., Devadasan, S.R., dan Zakkeer, M.M. 2006. Quality Improvement Oriented Training and Education Programme and Its Financial Accounting System. Industrial Management & Data Systems, 106(3): 380–406.

Michael, R.K., Sower, V.E, dan Motwani, J. 1997. A Comprehensive Model for Implementing Total Quality Management in Higher Education. Benchmarking for Quality Management & Technology, 4(2): 104–120.

Sakthivel, P.B. 2007. TOP Management Commitment and Overall Engineering Education Excellence. The TQM Magazine, 19(3): 259–273.

Sharma, Ramesh C. 2002. Total Quality Management in Education. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, (Online), Vol. 3, No. 3,

(http://tojde.anadolu.edu.tr/tojde7/reviews/Ramesh.htm, diakses 26 Oktober 2009).

Venkatraman, Sitalakshmi. 2007. A Framework for Implementing TQM in Higher Education Programs. Quality Assurance in Education, 15(1): 92–112.

Wulanningrum, Supramono, dan Loekmono, J.T.L. 2006. Studi Alternatif Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Melalui Pendekatan TQM di SD Kristen Tritunggal Semarang. Desiderata: Jurnal Kependidikan PPs UKSW dan LP3KS, 7(1): 38–57

 

The post PENERAPAN TQM SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN appeared first on Kalam Kudus Indonesia.

]]>
https://kalamkudusindonesia.org/penerapan-tqm-sebagai-salah-satu-alternatif-untuk-peningkatan-kualitas-layanan-pendidikan/feed/ 0 924